Pengalaman Selama Ramadhan


6 Mei 2019 adalah hari pertama untuk semua mislim berpuasa, 1140 Hijriyah. Tiga hari pertama  puasa sekolahku diliburkan.  Dihari pertama berpuasa yaitu pada hari senin, aku sangat senang karena bulan penuh berkah telah tiba. Aku sekeluarga melakukan puasa pertama dimulai dengan sahur. Setelah sahur kami memulai berpuasa full sampai tibanya adzan maghrib untuk berpuka puasa, begitu terus sampai hari ke-3o berpuasa atau hari terakhir berpuasa. 

 Hari pertama pun dimulai. Setelah tiga hari itu, yaitu senin, selasa, rabu, kami semua siswa dan siswi SMP Labschool kelas 7 dan delapan masuk kembali kesekolah tercinta kami. Jadwal sekolah kami dan waktu pulang kami juga berubah seiring adanya bulan ramadhan. Jadwal selama ramadhan pulangnya pukul 12.30 setelah salat dzuhur dan belajar mengajar waktunya rata-rata adalah 1 jam. Setelah Dzuhur semua anak pulang, ada yang langsung pulang, ada yang melaksanakan les sebelum pulang. Setelah bel sekolah berbunyi, aku langsung menuju kegerbang sekolah untuk pulang kerumah nan nyaman.  Setelah sampai dirumah aku bersih-bersih diri, belajar, salat ashar, bermain sebentar dan melakukan hal lainnya sambil menunggu adzan maghrib untuk berpuka puasa. Setelah  aku dan sekeluagan sudah berbuka, kami melaksanakan salat maghrib dimasjid sambil menunggu adzan isya untuk melakukan salat isya, tarawih dan witir berjamaah, dan begitu seterusnya sampai hari terakhir.

Hari jumat atau hari ke-12 berpuasa, sekolahku mengadakan kegiatan berbuka bersama untuk siswa dan siswi SMP Labschool kelas tujuh dan delapan. Kegiatan ini dilakukan setelah pulang sekolah, saat waktu ashar telah tiba. Kami para siswa dan siswi datang keacara buka bersama pada jam 15.30 untuk mendengarkan ceramah siang sambil menunggu berbuka puasa. Setelah adzan maghrib kami berpuka puasa dengan makanan prasmanan yang telah disediakan dan melakukan salat maghrib setelahnya. Setelah itu kami melakukan salat isya, witir, dan tarawih berjamaah dengan imam yang sudah disediakan, setelah salat selesai kami sudah boleh diperkenankan pulang.

Setelah acara itu kami kembali belajar seperti biasa sambil menunggu liburan dan ujian kenaikan kelas yang sudah menunggu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SAKSI 2019

Pengalamanku selama liburan